Sunday, May 08, 2011

Mohon Komentar bagi yang Telah Membaca "Beda itu Berkah"

Dear teman-teman,
Sebuah kehormatan bagi saya, bila Anda telah berkenan membaca buku "Beda itu Berkah"
Semoga Anda Menikmati Perjalanan Antarbudaya...

Ada dua kesungguhan yang saya ingin suarakan melalui tulisan itu
Pertama, mengajak untuk kita Bangga Menjadi Orang Indonesia
Kedua, mengajak untuk menjadi Manusia Antarbudaya... manusia yang bisa berkomunikasi dengan orang berbeda budaya.

Bagi saya, tulisan itu refleksi pengalaman batin dalam memaknai perbedaan.
Sebuah kejujuran yang dirangkai dalam bentuk lembaran.

Keterbukaan yang saya hadirkan melalui buku itu,
membuat sebagian yang ada dibenak saya mudah dilihat.
Perlu kesiapan hati untuk menerima konsekuensi suatu tindakan.

Pastinya ada pemaknaan beragam.
Ada yang berkenan, belajar dari kisah-kisah yang ada, fun, menikmati, atau bahkan sebaliknya, melihat banyak kekurangan yang mungkin sekali saya tidak sadari.

Sungguh, apapun itu, adalah hadiah bagi saya...

Pelajaran yang sangat berharga untuk mengukur sejauh mana perjalanan diri. Lantas perlu pembenahan seperti apa. Lalu berkarya seperti apa lagi...


Karena itu, melalui forum ini, izinkanlah saya memohon masukan, kritik, ungkapan, atau saran dari teman-teman.

Apapun itu, dengan tulus saya ucapkan. Terima kasih Sekali.

Salam hangat
Leila Mona Ganiem

Sebagian komentar-komentar ini dari Facebook:

Dedy El:
"dapat bukunya di Gramedia, yang pasti saya baca sekali 'jalan', karena sebagian besar "kisah2 perbedaan" yg dituturkan (penulis) adalah baru dan menarik sehingga membuat penasaran untuk segera menuntaskannya. Sekarang buku ini menjadi koleksi keluarga. Isteri saya juga menyukainya dan sudah selesai membacanya. btw, kok kurang tebal ya, hehe... Saya menunggu karya selanjutnya."
29 January 2010 at 20:14

Gusti Intan Sari:
"Tgg coment dr dirikw ya, yg jelas gw bgt nih buku,hehe..,btw lg dibaca niy blm kelar gantian ama the lost symbol dan brown,hehe...,oiya lupa CONGRATULATION yah atas terbitnya buku kak ella"
30 January 2010 at 05:24

Nadia Basir:
"waw.. buku pertama ya? menarik sekali judulnya.
aku belum baca tapi bakal pastinya. semoga sukses ya kak..
bangga deh sama dirimu :)"
30 January 2010 at 07:13

Anthon Kurniawan:
"buku i2 msh blm prnah ku baca.tp klo lihat judulnya pasti menarik tuk d telaah.selamat ats edisi perdananya mbak"
30 January 2010 at 11:08

Nina Ghaniem:
"
udah aku baca kak!! bagus, menarik, gaya bahasa nya enak, buat kita pengen baca sampai tuntas.. tapi ya itu tadi.. kurang tebel kayaknya.. , abis asyik bacanya.!! Ditunggu buku selanjutnya.." 30 January 2010 at 16:32

Nuha Noha Hlf:
"Seperti judulnya, buku ini InsyaAllah akan membawa berkah di kehidupan setiap pembacanya...berbagai kisah nyata dan berbagai kebudayaan yang dikemas dalam sebuah buku, yang penuh makna,dengan bahasa mudah dimengerti, ditambah dgn bumbu hum...or, sehingga tidak membosankan untuk dibaca, pesan dari buku ini pun sampai kepada pembacanya... ak pny 1 abah pny 1 jd gak berebutan bacanya... hehehehe... Dituggu Beda Itu Berkah 2.. :)"
30 January 2010 at 19:04

kalo ak sebenernya kurang suka sama warna coverya, kontra dgn pribahasa "dont judge the book from the cover"..hehehhe.. tapi buat ak tampilan luar juga penting supaya bisa mendukung isi buku yg sudah bagus.. kalo isi udh 99% sempurna.. :D30 January 2010 at 20:47

Hari Baron:
"
Catatan Beda itu Berkah :
1. Buku yang bagus cocok untuk hadiah/soevenir.
2. Karenanya mungkin perlu perbaikan untuk cetakan selanjutnya seperti hal 38, KUA itu mbak bukan kantor catatan sipil. Kemudian di hal 44, alenia ke 2 disitu disampaik...an tidak ada yg bisa bicara Jawa kecuali Anto. Namun di alenia ke 3, Sam bercerita dia ditertawakan ketika ngomong Jawa dengan temannya di Busway.
3. Tujuan buku ini mengatakan bahwa perbedaan selalu ada, dimanakan kita berada. Karena itu judul bukunya Beda itu Berkah. Namun kenapa hal 93 mbak menyarankan memilih pasangan yg sesuku saja...lebih aman.
4. Kata-kata mutiaranya kenapa ngak ada dari tokoh nasional/internasional dari Indonesia. Biar beda ya mbak.
4. Kenapa cerita tentang keluguan orang Aceh & orang Madura yg selama ini cendrung menjadi "candaan" tidak mbak masukkan.
5. Aku setiap minggu selalu beli buku, walaupun belum tentu langsung kubaca. namun kemarin sepulang kerja aku beli buku ini, langsung kubaca gantian sama istri dan selesainya esok pagi. sangat cepat. seperti aku baca novel Jhon Grisham. tapi buku mbak ini sangat menarik dan enak dibaca.
"
03 February 2010 at 13:41

Novida Irawan:
"
Bu Mona....Isi Bukunya menarik dan banyak sekali cerita-cerita budaya di sekitar kita yg secara tidak sadar sebenarnya hadir ditengah-tengah kehidupan kita....dan memberikan angin segar bagi saya tentang budaya... Punten secara pribadi saya kurang sreg sama covernya..."02 March 2010 at 07:52


1 comment:

Ahsin Khuluqina said...

Assalamu'alaikum,, sy Ahsin Khuluqina yang tgl 3 November 2012 bertemu dg Bu Mona di STAIN Kediri. Bukunya,,Great...:D